Adopsi Pohon Di Hutan Nostalgia

No comment 470 views

Pernah kah kita menghitung berapa jumlah pengunjung taman nasional way kambas atau kawasan konservasi yang lain untuk setiap tahun nya? Baik wisatawan lokal atau mancanegara..?

Dan pernah kah kita berfikir dalam benak kita ber andai-andai, apabila setiap pengunjung tersebut diwajibkan menanam 1 batang pohon di areal percontohan seluas minimal 5 hektar, dan akan jadi seperti apa areal tersebut setelah lima tahun kemudian?.

Mari berhitung, jika jumlah pengunjung paling sedikit ada 1000 orang pertahun dan mereka masing-masing menanam satu pohon dengan jarak tanam 10×10 meter, maka dalam 5 tahun areal rehabilitasi percontohan akan berubah menjadi hutan kembali.

Mari kita tengok daerah alor nusa tenggara timur. Disana mereka memberi tema “HUTAN NOSTALGIA”.

Apa itu hutan nostalgia? Ada sedikit cuplikan dari majalah trubus edisi maret 2010 “ Rimba Menyimpan Nostalgia, Sejauh-jauh Johana Ebinghaans pergi, akhir nya kembali juga ke Alor”.

Pada tahun 2004 Johana mengunjungi Alor untuk menyelam diselat Pantar, dan pelancong ini juga mengunjungi hutan nostalgia di Buiko. Di hutan seluas 5 hektar itu lah dia menanam bibit mahoni, dan empat tahun kemudian dia kembali lagi ke alor untuk mengecek tanaman itu, ternyata mahoni tersebut sudah menjulang setinggi 5 meter.

Bagi Johana mudah saja mencari pohon “milik nya” karena didekat pohon tertera nama nya, tanggal penanaman dan nama pohon. Setiap pengunjung hutan nostalgia memang berkesempatan menanam sebuah pohon yang telah disiap kan oleh dinas kehutanan kabupaten Alor. Itulah sebab nya hutan itu disebut hutan nostalgia. Rimba menyimpan kenangan bagi para penanam bibit.

Model pengelolaan hutan nostalgia ini juga diterapkan di kupang di lokasi air terjun Oenesu, dan kebun raya bogor. Untuk Kebun raya bogor pohon asuh ini dikenakan biaya per pohon sebesar US$200 pertahun. Biaya itu termasuk perawatan, pemupukan, pencatatan perkembangan tanaman.

Kira –kira kapan ya kita menerap kan Adopsi pohon di hutan nostalgia di seluruh taman nasional..? Khusus nya di taman nasional way kambas, wish all the best for our forest, Keep Spirits Perwira Rimba Raya…!

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Adopsi Pohon Di Hutan Nostalgia"