AKSI BERSIH SAMPAH DI WAY KAMBAS

No comment 665 views

Way Kambas Bebas Sampah

Way Kambas (18/7/2017). Usai sudah masa liburan, usai pula masa-masa untuk berwisata, demikian pula yang dirasakan di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Taman Nasional Way Kambas yang ada di Propinsi Lampung. Dimana pada masa libur hari Raya Idul Fitri 1438 H kemarin, aktifitas kunjungan wisatawan pada tanggal 26 Juni 2017 sampai dengan tanggal 2 Juli 2017 “membludak”. Selama 7 hari masa libur hari raya pengunjung mencapai 21.124 orang, 2.414 mobil, 3.753 sepeda motor, 51 truk, dan 2 orang asing.

Salah satu dampak dari adanya aktifitas pengunjung yang muncul saat ini adalah sampah yang berserakan di sekitar area konservasi gajah dan sepanjang jalan masuk mulai Plang Ijo sampai ke PKG. Mulai dari sampah plastik, kaleng dan botol, serta bekas kemasan makanan minuman yang tidak hancur lainnya.

Senin, 17 Juli 2017, segenap karyawan-karyawati Pusat Konservasi Gajah TN Way Kambas, bersama-sama melakukan aksi “Bersih-Bersih” Sampah, di lokasi atraksi gajah, lapangan parkir, sepanjang jalan, serta lokasi-lokasi sekitarnya. Sampah dikumpulkan, kemudian diangkut dengan kendaraan dan dibawa keluar kawasan konservasi untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh Dinas Kebersihan Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur.

Memang tidak ada petugas khusus yang mengurusi sampah di Pusat Konservasi Gajah ini, ujar ibu Elisabeth Devi Krismurniati (Koordinator PKG), karenanya kami inisiatif untuk bekerja bakti gotong royong bersama-sama membersihkan tempat tugas kami ini. Bukankah dengan tempat tugas yang bersih, asri dan nyaman maka kita akan menjadi semangat dan gembira dalam menjalankan tugas.

Sementara sebelumnya pada hari Jum’at, 14 Juli 2017, petugas lingkup Seksi Pengelolaan TN (SPTN) Wilayah III Kuala Penet dan SPTN Wilayah I Way Kanan TNWK juga telah melakukan aksi bersih lingkungan di sekitar kantor dan jalan masuk ke PKG TNWK.
Bersih itu indah, bersih itu nyaman. Semangat !!!

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "AKSI BERSIH SAMPAH DI WAY KAMBAS"