Alert Indonesia

No comment 1293 views
Alert Indonesia,3.50 / 5 ( 4votes )

ALeRT Way Kambas Indonesia merupakan  NGO atau LSM atau Lembaga Swadaya Masyarakat yang berdiri ditahun 2009 di Taman Nasional Way Kambas. ALeRT sendiri adalah singkatan dari Aliansi Lestari Rimba Terpadu ( The Alliance of Integrated Forest Conservation)

NGO ini berbadan hukum Perkumpulan, jadi bukan merupakan Yayasan. hal tersebut membuat seluruh anggota organisasi yang berada di ALert memiliki hak suara yang sama. Berbeda dengan Yayasa yang segala sesuatunya ditentukan langsung oleh Dewan Pembina.

Ini adalah logo ALeRT Indonesia. Sebuah bola bumi dengan daratan yang kemerahan dan pita ‘atmosfer’ berwarna hijau tosca dengan tulisan kepanjangan dari singkatan ALeRT. Warna daratan bumi yang kemerahan ini menandakan alert!. Waspada dengan bumi yang terus dieksploitasi secara berlebihan oleh umat manusia, yang menyebabkan bumi makin tidak sehat sehingga warnanya berubah. Makin merah, panas dan dan rawan kehancuran. Bumi akan segera hancur bila seluruh manusia di bumi tidak merubah pola pikir dan aktivitasnya menjadi lebih sayang dengan bumi ini. Lebih memelihara bumi ini. Tidak terus merusak dengan rakus seolah-olah bumi akan tetap baik-baik saja.
Namun ‘atmosfer’ hijau yang mengelilingi bola bumi dalam logo adalah harapan. Masih ada harapan untuk memperbaiki bumi dan memelihara bumi agar lebih nyaman dan tidak semakin buruk untuk ditinggali umat manusia dan mahluk lainnya. Yaitu dengan perbaikan pola pikir, gaya hidup dan aktivitas. Pola pikir dan aktivitas lebih hijau dan ramah lingkungan perlu dilakukan sebanyak mungkin manusia; semakin banyak semakin bagus dan semakin cepat; dengan keterpaduan bekerja mempertahankan, melindungi dan menambah; memperluas hutan di muka bumi. Karena hanya hutan hijau subur dan lebat yang alami dengan seluruh kehidupan di dalamnya, dari mikroorganisme, serangga, dan hewan-hewan di darat dan di udara, seluruh pepohonan dari lumut sampai pohon raksasa, harus tetap ada untuk menopang bumi yang layak tinggal. Hutan alami adalah hutan yang akan memelihara bumi tetap nyaman dihuni oleh seluruh mahluk di dalamnya.

Untuk itu ALeRT Indonesia hadir di planet ini, untuk bersama-sama kelompok dan individu manusia lain segera bekerja keras mempertahankan hutan alami terutama di Indonesia. Karena Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang sangat vital bagi ‘nyawa’ kehidupan bumi yang sehat. Nyawa bagi Ibu Bumi (Mother Earth).

Source From www.alertindonesia.org

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Alert Indonesia"