Dedikasi Kepala Balai Untuk TNWK

No comment 751 views

Subakir, S.H, M.H

Hidup untuk dapat memberikan manfaat bagi orang lain, itulah motto yang selalu dipegang oleh kepala Balai TN Way Kambas yang baru, Bapak Subakir, S.H, M.H. Begitupun dengan kepimpinannya di Balai TNWK, beliau menginginkan membawa manfaat dan perubahan ke arah yang lebih baik pekerja keras dan disiplin merupakan karakter yang melekat pada beliau karena tempaan profesi sebagai Polisi Kehutanan sejak 1983, Hari Senin Wage, 17 Januari 1983, merupakan hari yang tidak pernah dilupakan oleh pak Subakir. Yang akrab disapa pak Bakir. Di hari itu, segala proses yang berujung pada hari ini dimulai. Hari itu adalah hari pertama pak Bakir bekerja di Departemen Kehutanan, tepatnya di kantor Sub Balai KPA SSI (sekarang kantor Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan).

Memulai karier sebagai pegawai golongan II/a, hingga mencapai posisi Kepala Balai, sungguh bukan perjalanan karier yang mudah dan penuh perjuangan. Bekerja lebih dari 33 tahun menyisakan segudang pengalaman dengan keanekaragaman nuansa, baik senang, suka, duka dan bahagia. Namun, semua proses perjalanan karier dijalani dengan penuh ketekunan oleh pria yang hobi menyantap aneka ikan bakar ini.

Mengabdi sebagai Polisi Kehutanan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memaksa beliau untuk berhari-hari di hutan belantara Bukit Barisan Selatan. Tak jarang beliau harus berjubaku dengan para perambah hutan. Tanpa kompromi, beliau telah banyak memaksa banyak penjahat konservasi untuk mendekam dijeruji penjara, bahkan sering kali mencapai tuntutan maksimal. Tahun 2005 menjadi tahun yang berkesan bagi beliau ketika mampu menangani 37 kasus pelanggaran hukum di TNBBS. Kemampuan beliau untuk bekerja sama dengan berbagai pihak mempermudah pencapaian prestasi-prestasi dalam kerja, termasuk dengan berbagai lembaga konservasi lokal maupun internasional yang fokus pada penegakan hukum.

Walaupun dibesarkan dalam kultur polisi kehutanan, namun beliau tetap mengedepankan pendekatan humanis dalam penyelesaian persoalan-persoalan konservasi. Pengalaman berkesan beliau ketika harus menurunkan 300 KK perambah di Pemekahan D5 Way Haru Bengkunat Seksi Wilayah III Sukaraja TNBBS tanpa ada gejolak berarti dan kekerasan. Fokus pada persoalan hukum menjadi salah satu kunci keberhasilannya dalam menangani persoalan-persoalan dalam bidang penegakan hukum konservasi. Keteguhan dan ketekunannya dalam bekerja bahkan menuai penghargaan sebagai Polisi Kehutanan Teladan Provinsi Lampung tahun 1999. Pada tahun yang sama, beliau juga dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya sebagai Pegawai Teladan oleh Presiden B.J. Habibie.

Pada tahun 2012 beliau mendapat promosi menjadi Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Sumatera Utara di Padang Sidempuan Tapsel. Bekerja di Tapanuli Selatan beliaupun berhasil melakukan operasi gabungan pengamanan hutan suaka marga satwa Dalak Surungan dan memunaskan tanaman kelapa sawit seluas 200 ha.

Menikahi ibu Waryati pada 5 Mei 1985, kini pak Bakir dikaruniai 4 orang putra. Kedisiplinan merupakan hal penting yang ditanamkan pada para putranya, sehingga kemandirian menjadi fokus utama dalam mendidik. Ditengah-tengah kesibukannya sebagai polisi kehutanan dan kini menjadi kepala balai, beliau ternyata masih banyak meluangkan waktu untuk bersama keluarga di rumah. Beliau biasa mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan di tempat tinggalnya.

Berikut Profil Singkat Bapak Kepala Balai Taman Nasional Way Kambas : Subakir, S.H, M.H.

Nama: Subakir, S.H, M.H.
NIP: 19620908 198601 1 001
Pangkat dan Golongan: Pembina TK. I (IV/b)
Tempat dan Tanggal Lahir: Banyuwangi, 8 September 1962
Agama: Islam
Pendidikan Terakhir: Magister Hukum Universitas Lampung
Penghargaan1.Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (pegawai teladan) tahun 1999 dari Presiden RI. B.J. Habibie
2.Polhut berprestasi dalam pengamanan hutan dan hasil hutan provinsi Lampung tahun 1999 dari Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Ir. Abdul Manan Siregar.
3.Piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya (10 tahun) tahun 2003 dari Presiden RI Megawati Soekarno Putri
4.Piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya (20 tahun) tahun 2012 dari Presiden RI Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.
Riwayat Jabatan1.Kepala Resort TNBBS di Pemerihan Bengkunat Kabupaten Lampung Barat (1988-1990)
2.Kepala Resort TNBBS di Srikaton Semaka Kabupaten Tanggamus (1990-1991)
3.Kepala Rayon Pemangkuan TNBBS Bagian Timur di Sukaraja Semaka Kabupaten Tanggamus (1991-1994)
4.Satgas Jagawana sebagai Penyidik PNS di kantor TNBBS Kotaagung (1994-2002)
5.Kasat Polhut dan Koordinator Penyidik PNS di kantor TNBBS Kotaagung (2002-2004)
6.Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Sukaraja pada Balai TNBBS (2004-2007)
7.Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Teluk Betung pada Balai KSDA Lampung (2007-2011)
8.Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Balai KSDA Lampung (2011-2012)
9.Kepala Bidang KSDA Wilayah II Padang Sidempuan pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara (2012-2013)
10.Kepala Balai KSDA Lampung (2013-2016)
Jabatan Saat IniKepala Balai Taman Nasional Way Kambas
author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Dedikasi Kepala Balai Untuk TNWK"