Kebanjiran, Kantor Resort Totoprojo TN Way Kambas

Kondisi Air di Depan Kantor Resort Toto Projo di Desa Tanjung Tirto

Labuhan Ratu, 25 Februari 2018. Setelah beberapa hari diguyur hujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kecamatan Way Bungur Lampung Timur, aliran sungai Way Pegadungan dan Way Sukadana yang merupakan sungai yang berbatasan langsung dengan TN Way Kambas meningkat permukaan airnya.

Kantor Resort Totoprojo Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) wilayah II Bungur TN Way Kambas yang berada tepat ditepian aliran sungai Way Sukadana juga tak luput dari serangan banjir, pada hari Jum’at 23 Februari 2018 air banjir sempat masuk ke dalam ruangan kantor setinggi 30 sentimeter. Sementara di bagian depan kantor yang merupakan akses jalan umum tetapi pada posisi lebih rendah kedalaman air banjir mencapai 1 meter, sehingga untuk beraktifitas masyarakat menggunakan perahu/rakit untuk menuju tempat bekerja.

Sebagian besar masyarakat yang bekerja sebagai petani tidak dapat melakukan aktifitas pertaniannya karena lahannya terendam banjir, untuk sementara mereka bergotong royong membantu aktifitas penyeberangan dengan perahu/rakit.

Air masuk ke Kantor Resort Toto Projo

“Hampir setiap tahun, dimana curah hujan tinggi, aliran sungai Way Sukadana dan Way Pegadungan naik permukaan airnya. Dapat dipastikan beberapa titik lokasi yang rendah akan terendam banjir. Salah satunya dititik lokasi sekitaran kantor Resort Totoprojo ini, beruntung sepanjang tepian sungai sudah dibangun tanggul oleh pemerintah. Dahulu sebelum ada tanggul, banjir lebih parah dari sekarang,” ujar bapak Drs. Patris Salim selaku Kepala Seksi PTN wilayah II Bungur TNWK.

“Untuk mengantisipasi dampak yang timbul maka ditugaskan beberapa petugas piket polhut, staf maupun MMP (masyarakat mitra polhut) melakukan pemantauan dan penjagaan terhadap kemungkinan adanya peningkatan permukaan air banjir dan juga mengamankan beberapa Barang Milik Negara yang terendam banjir ke tempat yang aman,” instruksi bapak Subakir, SH. MH. Kepala Balai TN Way Kambas.

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010