Mari Menanam Pohon

No comment 597 views

MARI MENANAM POHON DI WAY KAMBAS

PEH Balai Taman Nasional Way Kambas bersama dengan Penyuluh Kehutanan melaksanakan penanaman di areal reforestasi Susukan Baru, SPTN Wilayah I Way Kanan. Jenis tanaman yang ditanam ialah Gaharu (Aquilaria malaccensis), Pulai (Alstonia scholaris), Puspa (Schima walichii), ara (Ficus sp.), salam (Eugenia polyantha), jambon (Eugenia operculata), dan waru (Mallotus mollucanus).

Kegiatan penanaman di Taman Nasional memang perlu digalakkan demi keberlangsungan lingkungan hidup kita. Salah satu alasan saja; rata-rata sebatang pohon mampu menghasilkan oksigen hingga 1,2 kg dalam sehari. Padahal seorang manusia rata-rata menghirup 0,5 kg oksigen perharinya. Jadi sebatang pohon yang ditanam, akan mampu memproduksi oksigen yang akan mencukupi bagi (hampir) tiga orang. Alasan lainnya, pohon-pohon berdaun mirip jarum mampu meningkatkan air tanah sebanyak 60 %, sedangkan pohon yang berdaun lebar akan mengikat air tanah hingga 80 %. Maka dari itu, semakin banyak pohon, semakin baik juga kualitas air tanah pada daerah tersebut.

Belum lagi berbagai manfaat lain dari pohon yang bisa dinikmati oleh manusia, dan semua makhluk di bumi ini. Sebut saja mencegah erosi atau pengikisan tanah, memberikan perlindungan terhadap terik sinar matahari, manfaat estetis, manfaat edaphis (tempat hidup berbagai satwa) serta masih banyak manfaat lainnya. Jelaslah bahwa menanam pohon dan menanamkan budaya menanam pohon itu penting.

Jadi, Mari menanam pohon dan mari menanamkan budaya menanam pohon.. Mari hijaukan kembali bumi kita dengan satu langkah kecil ”menanam pohon”

Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi?
Jika bukan sekarang memulai, kapan lagi?
Jika bukan di bumi ini, dimana lagi?

 

Di Tulis oleh : Evi Damayanti

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Mari Menanam Pohon"