Mengawinkan badak sumatera

No comment 744 views

Badak Sumatra adalah satwa soliter yang sangat sensitif bahkan dengan pasangannya sekalipun. Seperti sepasang badak sumatra di Suaka Rhino Sumatera Way kambas, Andalas si jantan dan Ratu sibetina.
Keberhasilan perkawinan (istilah di SRS penggabungan) akan sangat ditentukan oleh beberapa faktor, adapun beberapa parameter yang dilakukan sebelum badak digabung adalah:
Mengamati behavior badak, biasanya aktifitasnya akan lebih banyak ke arah lingkaran (tempat penggabungan dan dititik itu kedua badak akan berdekatan walaupun dipisah oleh sekat pagar). Aktifitas ini sama antara jantan dan betina.
Pengamatan perubahan organ kelamin luar betina (kebengkakan, kemerahan dan ada tidaknya lendir/discharge)
Pemeriksaan status organ reproduksi betina dengan alat ultrasonografi (USG), disini akan dilihat keberadaan folikel (sel telur), besar dan kecilnya folikel ini akan mempengaruhi birahi betina. USG juga berguna untuk mendeteksi/memonitor kebuntingan dan mengetahui kelainan pada organ reproduksi.
Selanjutnya keputusan apakah digabung atau tidak melihat kondisi fisik si jantan, karena kalau jantan tidak fit maka perkawinan tidak akan berhasil.
Ketika parameter yang ada mengarah kepada penggabungan maka personil harus disiapkan karena proses percumbuan badak sangat kasar dan beringas, mereka akan berkelahi dan saling kejar. Proses ini akan berlangsung sampai jantan dapat menguasai betina dan kedua badak akan mengalami luka-luka terutama dikepala. Proses selanjutnya kedua badak akan saling mencari dengan suara-suara panggilan tertentu, apabila disuatu titik mereka bertemu dan tidak ada konflik maka perkawinan akan terjadi. Permasalahan belum selesai badak jantan SRS lebih pendek dari betina dan betina tidak ada ekor yang berfungsi sebagai orientasi intromisi, maka peran keepers dan dokter hewan sangat diperlukan, biasanya petugas akan membantu mengarahkan intromisi. Intromisi berlangsung 20-45 menit bervariasi tergantung posisi kawinnya. Untuk menentukan apakan ada spermatozoa jantan, setelah perkawinan yang berhasil, ejakulat (Semen) ejakulasi ditampung dan diperiksa di laboratorium SRS.

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Mengawinkan badak sumatera"