Pencegahan Kebakaran Hutan

No comment 644 views

Penanaman beribu-ribu pohon baru tidak akan bermanfaat jika mengalami kebakaran hutan.
Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah kejadian merugikan ini di area hutan.
Beberapa langkah untuk mencegah kebakaran hutan diantaranya sebagai berikut:

Sekat bakar untuk mencegah kebakaran meluas

Sekat bakar sepanjang 10 kilometer dan lebar 4 meters wide telah disiapkan. Sekat bakar itu dibuat dengan pembersihan rumput sepanjang 6 kilometer dibagi menjadi 8 garis di dalam cluster area perlindungan.
Pemotongan rumput dan pembersihan total rumput.

Pengurangan kerapatan rumput dan pengurangan persaingan pohon dengan rumput dilakukan dengan membuat garis pembersihan rumput (memotong rumput 1 meter x 100 meter) sebanyak 20 garis per hektar. Kegiatan ini dilakukan di 13 hektar area dalam cluster reforestasi. Juga dilakukan pembersihan rumput secara total dalam 0.5 hektar area di sekitar camp reforestasi.

Penambahan penjagaan

Selama musim kemarau, patroli ditingkatkan dan penjaga camp ditambah terutama saat banyak kebakaran hutan terjadi di bagian selatan Taman Nasional. Persiapan fasilitas dan kerjasama dengan unit kebakaran hutan
Untuk pencegahan, 4 unit ‘jet shooter’ (kantong penyemprot air portable) telah disiapkan di area strategis.
Sumur buatan didalam hutan sangat penting, terlebih jika sediki lebih dalam, untuk menjamin ketersediaan air yang cukup dalam waktu-waktu yang mendesak.

Komunikasi dengan unit kebakaran hutan Taman Nasional way kambas harus lebih ditingkatkan untuk memberikan informasi yang cepat dan akurat terhadap keberadaan api yang dipantau dari tower tower pemantau.
Penjagaan telah dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup memadai untuk memberikan informasi yang cepat dan respon yang cepat terhadap kebakaran hutan yang terjadi.

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Pencegahan Kebakaran Hutan"