Potensi Daerah Penyangga

No comment 899 views

Taman Nasional Way Kambas, secara administrasi berada di Kabupaten Lampung Timur dan Lampung Tengah, yang berbatasan langsung dengan 36 desa, pada 10 Kecamatan dan dalam 3 Kabupaten, yaitu Lampung Timur, Lampung Tengah dan Tulang Bawang. Desa penyangga membentang dari wilayah selatan sampai ke utara yang terletak dibagian barat kawasan dan pada bagian timur di batasi oleh pantai timur laut jawa.

Demografi Desa Daerah Penyangga di Way Kambas
a. Struktur Penduduk.
Keadaan penduduk daerah penyangga disekitar Taman Nasional Way Kambas, berdasarkan struktur seks ratio atau jenis kelamin, terdapat kecenderungan bahwa, kuantitas penduduk perempuan dewasa lebih besar daripada penduduk laki-laki dewasa. Struktur tersebut berbeda dengan kecenderungannya dengan penduduk pada usia anak-anak. Rata-rata pada anak laki-laki lebih besar daripada penduduk anak-­anak perempuan.
b. Kepadatan Penduduk
Tingkat kepadatan penduduk di daerah sekitar Taman Nasional relatif rendah. Dari 36 (tiga puluh enam) desa yang mengelilingi kawasan tersebut, rata­-rata tingkat kepadatan penduduknya dibawah 200 orang/km². Dinamika atau perubahan penduduk relatif kurang berkembang, baik kematian dan kelahiran yang terjadi. Dengan demikian tidak banyak berpengaruh terhadap kepadatan penduduk yang ada. Daerah yang mempunyai tingkat kepadatan cukup tinggi berada di wilayah selatan dan tengah.

Penduduk desa penyangga Taman Nasional Way Kambas secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu penduduk asli dan penduduk pendatang.
desa kawasan
Penduduk asli sebagian besar berada di Kecamatan Sukadana dan Way Jepara. Sedangkan penduduk pendatang dari Jawa dan Bali menyebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di sekitar kawasan. Penduduk pendatang lainnya seperti Melayu, Bugis, Serang dan Batak, banyak bermukim di daerah pesisir.
Sebagian besar penduduk tersebut memeluk agama Islam, sedangkan sisanya beragama Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha dan Aliran Kepercayaan.

Terdapat 35 desa Penyangga di sekitar TNWK
Terdapat kelompok kesenian Reog Ponorogo di Desa Plang Ijo
Terdapat Kelompok kesenian Tari Lampung di Sukadana
Terdapat Situs Purbakala Pugung Raharjo (1 jam perjalanan)

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Potensi Daerah Penyangga"