Program Konservasi Harimau Sumatera

No comment 912 views

Program Konservasi Harimau Sumatera (PKHS) adalah sebuah program kerja sama dibidang konservasi harimau sumatera antara Ditjen. PHKA, Departemen Kehutanan dengan The Tiger Foundation (TTF), Canada dan The Sumatran Tiger Trust, UK.
Sebagai salah satu perwujudan dari rasa tanggung jawab bersama akan nasib harimau saat ini dan masa yang akan datang di Inonesia. Titik berat program kerja sama meliputi semua kegiatan yang berorientasi pada upaya penyelamatan dan perlindungan populasi harimau di habitat alaminya (in-situ), seperti : studi dinamika populasi harimau, kebutuhan ekologi, pemetaan dan distribusi wilayah hidup, transfer teknologi, kampanye penyadaran masyarakat serta pengembangan pendekatan sosial ekonomi masyarakat untuk penyelamatan harimau sumatera.
Tujuan:
Mendukung Ditjen PHKA dalam melestarikan Harimau Sumatera di habitat alaminya.
Memadukan kegiatan konservasi in-situ dan ex- situ guna mendukung program konservasi Harimau Sumatera sebagaimana telah ditetapkan dalam Strategi Konservasi Harimau Sumatera di Indonesia (Ditjen. PHPA, 1994).
Mengembangkan database konservasi Harimau Sumatera di Indonesia.
Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya konservasi Harimau Sumatera.
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lingkup Ditjen PHKA, khususnya dalam bidang konservasi Harimau Sumatera dan umumnya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
RUANG LINGKUP KEGIATAN:
Identifikasi dan inventarisasi masalah ekologi Harimau Sumatera di Taman Nasional dan masalah konflik antara harimau dan manusia di daerah sekitar Taman Nasional serta upaya penanganannya.
Penyusunan dan penyempurnaan perangkat lunak penanganan harimau bermasalah (protokol penanganan harimau bermasalah).
Survei dan monitor populasi, habitat dan mangsa harimau di TN
Perlindungan dan pengamanan harimau di habitatnya melalui kegiatan antara lain: patroli pengamanan, pengembangan jaringan anti pemburuan dan perdagangan gelap, serta membantu penegakan hukum.
Membangun dan mengembangkan database konservasi harimau Sumatera dalam bentuk GIS dan Website.
Pengembangan jaringan kerja sama dengan instansi pemerintah, LSM setempat (daerah, pusat) dan pihak-pihak terkait lainnya, guna mensukseskan Program Konservasi Harimau Sumatera.
Penyuluhan kepada masyarakat tentang konservasi harimau Sumatera di daerah sekitar Taman Nasional.
Pemberdayaan masyarakat daerah penyangga untuk mengurangi tekanan terhadap Taman Nasional.
Peningkatan kemampuan teknis dan menejerial pegawai Departemen Kehutanan khususnya Taman Nasional dibidang konservasi Harimau Sumatera dan Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.
Penyempurnaan sarana dan prasarana yang mendukung Program Konservasi Harimau Sumatera.
Studi kelayakan pembangunan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (semi Natural Tiger Rescue Center) di Sumatera.
Studi aspek-aspek bioekologi Harimau Sumatera dan sosial-ekonomi masyarakat sekitar Taman Nasional

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Program Konservasi Harimau Sumatera"