Pusat Latihan Gajah-PLG

1 comment 12011 views

Pada dasarnya Taman Nasional Way Kambas melakukan pengelolaan keanekaragaman hayati yang bersifat masih liar baik flora ataupun faunanya, salah satu jenis satwa liar yang dikelola secara lebih intensif adalah Gajah Sumatera yang ditempatkan dalam satu tempat yang lebih dikenal dengan sebutan PLG (Pusat Latihan Gajah).

Dengan semakin berkembangnya pengelolaan waykambas ternyata, PLG mampu menarik wisatawan yang ingin melihat dari dekat aktivitas gajah yang telah dijinakkan.

Pada awalnya, pendirian Pusat latihan gajah Way Kambas ditujukan untuk mengurangi konflik antara gajah dengan manusia. Harapan kedepan pusat latihan gajah harus mampu menjadi pusat konservasi gajah sumatera dengan kualitas breeding-nya, pusat wisata unggulan di Propinsi Lampung. Untuk itu,  perlu ditunjang dengan ketrampilan gajah yang memadai, kesehatan dan nutrisi gajah, dan pelayanan yang prima.

Gajah di PLG way-Kambas

Untuk mengukur tingkat keberhasilan pengelolaan Pusat Latihan Gajah diharapkan mampu melepas liarkan gajah yang telah berhasil dikembangkan. Dengan adanya kecenderungan populasi gajah liar di alam mengalami penurunan populasi karena perburuan dan lain sebab.

Pusat Latihan Gajah dengan gajah-gajah yang terlatih, terdiri dari gajah tangkap,  latih,  atraksi, kerja dan kebutuhan lainnya. Pemanfaatan gajah antara lain untuk membantu penanganan konflik manusia dan satwa, penyelamatan satwa, patroli pengamanan dan alat transportasi dalam rangka mendukung pengendalian kebakaran hutan.

Beberapa jenis pilihan atraksi wisata alam dengan obyek utama gajah yang dapat dinikmati antara lain : jungle tracking/safari night yaitu menyusuri lokasi PLG way kambas dan sekitarnya dengan menunggang gajah, atraksi gajah yaitu melihat berbagai keahlian gajah seperti joget, parade, menendang bola, melangkahi deretan manusia yang terbaring dan lain sebagainya. Naik kereta gajah, gajah berenang dll.

Fasilitas yang tersedia saat ini yaitu arena atraksi gajah, kolam gajah, lapangan gajah, arena tunggang gajah, guest house dan ruang terbuka dengan tanaman yang cukup rindang, mushola, dan WC umum dan lain-lain.

Aksesibilitas : Cara mencapai lokasi way kambas (PLG) tersebut cukup mudah, berada di dalam kawasan dengan jarak 16 km dari jalan lintas timur, 9 km dari pintu gerbang Plang Ijo. Dengan menempuh waktu lebih kurang 20 menit , PLG mudah dijangkau karena telah dihubungkan dengan jalan aspal hitam yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 sampai dengan enam termasuk bus besar, di tambah lagi program pemerintah daerah yang membuat rute baru BUS DAMRI dari Bandar lampung (terminal Rajabasa) sampai langsung ke Pusat Latihan Gajah Way Kambas

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
One Response
  1. PENANAMAN 1001 POHON DI WAY KAMBAS | waykambas.org9 months ago

    […] Pusat Konservasi Gajah […]

    Reply

Leave a reply "Pusat Latihan Gajah-PLG"