Topografi di TNWK

No comment 1156 views

Pada umumnya kondisi topografi di dalam Kawasan Taman Nasional Way Kambas relatif datar sampai dengan sedikit bergelombang dibagian barat kawasan, dengan ketinggian 0 – 50 m dpl. Lokasi yang mempunyai ketinggian 50 meter diatas permukaan laut adalah sekitar kecamatan Purbolinggo. Pada bagian timur kawasan merupakan daerah lembah yang terpotong oleh sungai-sungai yang menyebabkan terbentuknya topografi bergelombang.
Tanah
Berdasarkan Peta Satuan Lahan dan Tanah Lembar Tanjungkarang (PPT, 1993) terdapat hampir 10 Satuan Peta Tanah. Tanah-tanah tersebut berkembang dari endapan aluvium dan endapan tufa masam. Jenis tanah paling luas adalah Podsolik, sedangkan jenis-jenis lainnya dijumpai dalam areal sempit, yaitu pada fisiografi aluvial dan marin. Tanah jenis Podsolik mempunyai kandungan liat yang tinggi (lebih dari 30 %). Tanah jenis ini mempunyai reaksi tanah masam, dengan kandungan Al (alumunium) yang tinggi, unsur hara rendah, sehingga diperlukan pengapuran dan pemupukan serta pengelolahan tanah secara intensif dan hati-hati. Jenis tanah podzolik mudah sekali menangkap air tapi relatif sulit untuk dimanfaatkan karena kandungan liat yang cukup tinggi, selain itu daya ikat tanah jenis tersebut cukup tinggi (Pengantar ilmu tanah-UGM)
Berdasarkan umur pembentukkannya semakin ketimur mendekati wilayah pantai, rata-rata usia tanahnya relatif muda, sebagai hasil dari sedimentasi atau pengendapan. Jenis tanah tersebut mudah terkena erosi.

author
BALAI TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS Jln. Raya Labuhan Ratu, Kecamatan Labuan Ratu, Kabupaten Lampung Timur, Propinsi LAMPUNG Telp/Fax :(0725) 764 6010
No Response

Leave a reply "Topografi di TNWK"