Pemburu berhasil ditangkap Tim Gabungan TNWK

No comment 203 views

Tim gabungan terdiri dari Polhut anggota SPT.Wilayah II bungur, RPU dan ERU Patrol TNWK berhasil menangkap pelaku perburuan liar, Teguh Susanto (40) pada hari Kamis, 04/02/2021 di daerah teluk lama Resort Cabang, SPTN Wil. II Bungur. Pelaku ditangkap saat akan beraksi di hutan Way Kambas bersama barang bukti senapan angin yang sudah dimodif, golok, HP, Perahu mesin dan sepeda. Pelaku menggunakan alat pemikat berupa terompet untuk memancing menjangan. Saat ini pelaku berada di Mapolres Lampung Timur untuk dilakukan penyidikan.
Sobat perlu tau kalo memasuki Kawasan tanpa surat izin dari pejabat yang berwenang itu melanggar hukum sesuai dengan Undang-undang no. 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.
Apalagi bila sobat berburu hewan dihutan….waduuuh, gak boleh tuh, karena orang dilarang menangkap hewan/satwa yang dilindungi dan bagi siapa yang melanggarnya, maka merupakan suatu tindak pidana. Pasal 1 Angka 5 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (“UU 5/1990”) memberikan definisi satwa, yakni semua jenis sumber daya alam hewani yang hidup di darat dan/atau di air, dan/atau di udara.
Sanksi pidana bagi orang yang sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (2) adalah pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah) (Pasal 40 ayat [2] UU 5/1990).
Sumber : http://kupastuntas.co/2021/02/05/polisi-tangkap-pelaku-pemburu-liar-di-hutan-way-kambas
http://blogmhariyanto.blogspot.com

author
No Response

Leave a reply "Pemburu berhasil ditangkap Tim Gabungan TNWK"